Al-Muhajirin Mewisuda Puluhan Santri Calon Ulama

Spread the love

PURWAKARTA – MA Al-Muhajirin Purwakarta menggelar acara wisuda kitab Waroqot dan Nadhom Imrity Sabtu (13/2). Adapun tujuan dari penyelenggaraan acara ini adalah sebagai bentuk apresiasi terhadap siswa MAK yang telah mengikuti kajian kitab waroqot hingga khatam, juga apresiasi terhadap siswa MAK akselerasi takhosus kitab putri yang telah menghafalkan nadhom imrity. Selain sebagai bentuk apresiasi, acara wisuda ini digelar untuk memotivasi siswa SMP/MTs sederajat yang hendak melanjutkan ke jenjang SMA/MA sederajat. SMA-MA Al-Muhajirin menjadi salah satu unit yayasan Al-Muhajirin yang bertempat di kampus pusat Al-Muhajirin, dengan visi “Menjadi Madrasah Kader Ulama Terbaik Di Purwakarta”.

Kitab waroqot itu sendiri adalah sebuah kitab kuning yang menjelaskan bagaimana proses perjalanan masalah-masalah fiqh dijatuhkan hukum. Perlu adanya penalaran logika serta konsentrasi yang penuh dalam mengikuti kajian kitab waroqot. Adapun nadhom imrithi yang berjumlah 254 bait, syair-syair yang menjelaskan kaidah ilmu nahwu karangan Syekh Ibrohim Bajuri.

Pada wisuda ini, MA Al-Muhajirin mewisuda kelas 5 MAK sejumlah 35 orang, kelas 6 MAK sejumlah 34 orang, dan santri takhosus kitab putri sejumlah 10 orang. Bagi MA Al-Muhajirin, penyelenggaraan acara wisuda kitab Waroqot dan Nadhom Imrity adalah sebuah capaian lembaga pendidikan islam. Mendidik dan “mengkader ulama” tentu bukanlah hal yang mudah, sebagaimana pada penggalan kutipan Syaikhuna DR. K.H Abun Bunyamin, MA “Amanah yang paling berat adalah mendidik”. Mendidik seseorang yang tidak tahu menjadi paham dan melek terhadap agamanya.

Kepala MA/SMA Al-Muhajirin dalam samutannya mengatakan bahwa pelaksanaan wisuda ini merupakan cara bersyukur kita kepada Allah dan ini merupakan hadiah yang SMI 4-6 untuk syaikhuna DR. KH. Abun Bunyamin, M.A pada Milad Ponpes Al-Muhajirin yang ke 28

Sementara itu Kepala SMP/MTs Al-muhajirin H. Amit Saepul Malik, M/Pd.I mengucapkan trimakasih serta mengapresiasi kepada MAK Al-Muhajirin yang konsisten Istiqomah membingbing, mendidik dan mengajarkan kepada para santri sehingga menghasilkan kader-kader Ulama

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *