POHON GEULIS TUMBUH SUBUR DI SD PLUS 1 AL-MUHAJIRIN

Guru Sedang Mengarahkan Santri Membaca

“At-Thariqatu ahammu min Al-maadah” artinya Metode itu lebih penting dari materi. ini penggalan kalimat yang menjadi motivasi untuk berkreasi di SD Plus 1 Al-Muhajirin Jl. Veteran No. 155 Kebon Kolot Purwakarta. Salah satu kreasi dalam gerakan literasi adalah pohon “Geulis”.

Pohon GEULIS (Gerakan Literasi Sekolah) merupakan simbol gerakan membaca melalui pembiasaan. Dilaksanakan setiap hari sebelum pembelajaran dimulai. Buku bacaan, judul, dsb ditempel pada ranting pohon Geulis sebagai bukti pelaksanaan gerakan tersebut.

Semenjak program literasi digulirkan di SD Plus 1 Al-Muhajirin Purwakarta, banyak santrinya yang berlomba untuk membaca berbagai macam buku bacaan untuk menambah wawasan, program literasi yang sudah berjalan di SD Plus 1 Al-Muhajirin Purwakarta ini terus menghadirkan sebuah semangat bagi para santrinya agar terus membaca.

Kepala SD Plus 1 Al-Muhajirin Herni Antariyah, SE,. S.Pd yang menginisiasi kegiatan ini mengapresiasi kreativitas pohon Geulis ini.

“Saya mengepresiasi kepada para wali kelas yang telah menjalankan program kreativitas pohon Geulis ini,”katanya.

Terbukti dengan metode pohon Geulis ini semangat literasi para santri meningkat, karena kompetisi antar kelas untuk lebih merimbunkan pohon Geulis ini dengan banyak membaca.

“Alhamdulillah keberadaan pohon geulis di SD Plus 1 Al-Muhajirin Purwakarta ini menambah semangat santri untuk membaca,”ucapnya.

Pohon Geulis Tumbuh Subur di Tiap Kelas

Melalui pohon Geulis ini, diharapkan nantinya santri yang sudah membaca buku dan mempresentasikannya di depan teman-teman dan guru di kelasnya, bisa menempelkan satu buah daun yang berisikan data diri dan keterangan mengenai buku yang sudah dipresentasikannya tersebut.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *