SMI Al-Muhajirin Gelar Pengajian Bersama Syaikhuna DR. KH. Abun Bunyamin, M.A

Spread the love

Purwakarta – Sabtu (03/04), Sekolah Menengah Islam (SMI) Al-Muhajirin mengadakan pengajian bersama Syaikhuna Dr. KH. Abun Bunyamin, MA. dan pembagian raport Penilaian Tengah Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021. Acara ini dihadiri langsung oleh Pimpinan Pondok Pesantren Al-Muhajirin Syaikhuna Dr. KH. Abun Bunyamin, MA. dan Dra. Hj. Euis Marfuah, MA., Pengasuh Asrama Putri Hj. Zahra Haiza Azmina, M.Ag., dan Kepala Sekolah SMI 1-3 H. Amit Saepul Malik, M.Pd.I., serta guru-guru dan staf. Selain itu, dihadiri secara virtual oleh orang tua/wali santri via zoom meeting.

“Alhamdulillah kita oleh Allah swt. diberikan taufik dan hidayahNya sehingga senantiasa kita menghisab diri, karena itu merupakan salah satu perintah.” ujar Dra. Hj. Euis Marfu’ah, MA. dalam amanahya.

“Perhitungan kalender pendidikan juga ada aturan-aturan. Ada tengah semester, ada  semester, dan ada kelulusan. Itu juga kita meniru ilmu dari Allah swt. Sebab tanpa dihitung, tanpa dinilai akan sulit mencapai tujuan.” ujar Dra. Hj. Euis.

“Sebuah organisasi juga sama begitu. Sistem organisasi yang sukses itu ada planningnya. Sebelum melakukan sesuatu, kita harus paham dulu apa planningnya.” tambah Dra. Hj. Euis.

H. Amit Saepul Malik, M.Pd.I selaku Kepala SMI 1-3 turut menyampaikan sambutan dalam acara ini.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada segenap panitia, baik panitia yang sudah menyiapkan kegiatan ini dengan baik. Mudah-mudahan kebaikan seluruh panitia dibalas oleh Allah swt. dengan pahala yang berlipat”. ujar H. Amit.

“Hari ini anak-anakku akan menerima raport PTS genap. Raport PTS ini untuk menilai capaian pembelajaran selama 3 bulan, dari bulan Januari sampai Maret 2021. Untuk anak-anakku kelas 3 dan kelas 6, syarat kelulusan di antaranya sudah menyelesaikan nilai di semester 1 sampai 6, sudah mengikuti ujian, memiliki akhlak atau sikap minimal baik, dan anak-anak harus sudah menuntaskan kewajiban-kewajibannya di pesantren.” ucap H. Amit.

“Pada bulan Januari, SMI 1-3 dan SMI 4-6 sudah melaksanakan Penilaian Kinerja Kepala Madrasah. Selain dinilai oleh yayasan, kami pun dinilai oleh Kementerian Agama dan alhamdulillah SMI 1-3 maupun SMI 4-6 nilai Kinerja Kepala Madrasahnya sangat memuaskan.” tambah H. Amit.

“Kemudian pada tanggal 7 Maret 2021, SMI Al-Muhajirin dan seluruh unit yang ada di yayasan Al-Muhajirin sudah melaksanakan wisuda tahsin dan tahfidz. Alhamdulillah tahun ini dari SMI Al-Muhajirin meluluskan santri terbanyak dalam wisuda tahsin.” ujar H. Amit.

“Ibu berwasiat  kepada diri ibu sendiri dan juga kepada kita semua untuk selalu meningkatkan ketakwaan, dan juga seperti yang ibunda kita amanatkan bahwa momentum di bulan Sya’ban ini hendaknya menjadikan kita semakin kuat,” ujar Hj. Zahra Haiza Azmina, M.Ag. selaku Pengasuh Asrama Putri.

“Dan pada kesempatan pembagian raport PTS ini, kami semua termasuk dewan guru selalu mengingatkan bahwa proses PTS ini hasilnya tidak simsalabim, tapi ini adalah bagian dari proses yang sudah lama kita jalani. Allah dan rasul-Nya sangat menghargai proses itu.” tambah Hj. Zahra.

Acara pembagian raport ini diakhiri dengan tausiyah dan doa yang dipimpin oleh Pimpinan Pondok Pesantren Al-Muhajirin Syaikhuna Dr. KH. Abun Bunyamin, MA. (AMS)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *