SUASANA PENYEMBELIHAN HEWAN KURBAN DI UNIT FULLDAY AL-MUHAJIRIN

Spread the love
Pimpinan Pesantren Memberikan Arahan Sebelum Penyembelihan Hewan Kurban di Kampus 4

Satu hari setelah penyembelihan hewan kurban oleh santri yang mondok, giliran santri yang sekolah di unit fullday yang menyembelih hewan kurban yaitu pada hari Senin, 12/08/2019.

Kegiatan tersebut serempak dilaksanakan di berbagai unit yaitu PG, TK, SD Plus 1, SD Plus 2, SMP-SMA Fullday dan MI dan MTs Al-Wathon.

Tujuan pembelajaran kurban adalah mendidik santri untuk menteladani Nabi Ibrahim dalam menjalankan keta’atan kepada Allah Swt, selain itu melatih santri bagaimana cara penyembelihan hewan kurban dengan benar serta mendidik pentingnya solidaritas dan berbagi pada sesama yang kurang mampu.

Tahun ini alhamdulillah PG menyembelih 1 ekor domba, TK 1 ekor sapi, SD Plus 1 menyembelih 1 ekor sapi dan 8 ekor domba, SD Plus 2 menyebelih 2 ekor sapi dan 3 ekor domba, SMP-SMA Fullday 4 ekor sapi dan 1 ekor domba serta kampus 4 yaitu MI dan MTs Al-Wathon 2 ekor sapi dan 4 ekor domba.

Dana pembelian hewan kurban rata-rata di setiap unit merupakan hasil sodakoh kurban para santri, orang tua santri dan dewan guru beserta para pegawai yang ada di lingkungan unit Yayasan.

Pembagian Daging Kurban Ke Masyarakat

Suasana gotong royong terlihat ketika saling membantu mengurus dagung kurban, saling membantu mulai kegiatan memilah daging, menimbang dan membaginya.

Alhamdulillah tetangga unit dilingkungannya masing-masing mendapat daging kurban karena selain di konsumsi santri juga dibagikan kepada warga masyarakat sekitar langsung oleh para santri dan dewan guru.

Selain itu, ibu-ibu dari Forum Silaturahmi Orang Tua Siswa (FOSITA) juga ikut memeriahkan Acara tersebut yakni dengan mengadakan Lomba Penyajian Aneka Olahan Daging, sehingga kegiatan kurban tahun ini jadi meriah.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *